Message and Comments :)


Selasa, 12 Februari 2013

Penggunaan Fungsi Pada Microsoft Excel 2007



          Fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel adalah rumus yang sudah didefinisikan untuk mencari nilai tertentu dengan menggunakan data atau kumpulan data yang ada atau biasa disebut argumen. Suatu fungsi harus diawali dengan tanda “=”.

          Argumen fungsi dapat berupa angka, label, rumus, alamat sel serta range. Biasanya penulisan argument harus diapit oleh tanda kurung. Namun kita tidak perlu menghafal cara penulisan argument untuk suatu funsi, karena setiap kita mengetik fungsi suatu sel, secara otomatis Microsoft Excel telah menampilkan format penulisan fungsi tersebut secara lengkap. Untuk memasukkan fungsi dalam Excel digunakan rumus :


= Nama Fungsi (Argumen1,Argumen2)
 
          Argumen-argumen dapat terdiri dari bilangan-bilangan , nilai-nilai logika , sel-sel acuan , dan lain-lain . Menambahkan fungsi dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1.       Klik sel tempat kita ingin menambahkan sebuah fungsi.
2.      Dari menu Formula , klik Insert Function, kotak dialog Insert Function  akan di tampilkan.
3.      Pada kotak pilihan Or select a category , kita dapat memilih tipe fungsi yang akan di gunakan atau memilih All untuk menampilkan semua fungsi yang dimiliki Excel.
4.      Pilihlah fungsi yang di gunakan di Select a function . Apabila fungsi yang ingin digunakan tidak di tampilkan , gerakanlah scroll bar ke atas atau ke bawah . Nama fungsi diurutkan berdasarkan abjad untuk memudahkan pencarian.
5.      Bila kita memilih sebuah fungsi , dibagian bawah kotak dialog akan terlihat sintaks fungsi tersebut , argumen yang digunakan , dan keterangan manfaat fungsi tersebut.
6.      Klik tombol OK . Kotak dialog Function Arguments akan di tampilkan.
7.      Klik kotak di sebelah kanan Number 1, pilihlah range sel yang menjadi argument fungsi tersebut Kotak dialog Function Arguments akan berubah.
8.      Klik kembali tombol disebelah kanan kotak isian Number 1. Kotak dialog Function Arguments. Akan kembali ke bentuk semula.
9.      Karena semua data yang ingin dihitung sudah dimasukkan, biarkan kotak isian Number 2 kosong.
10.   Klik OK. Hasil fungsi akan ditampilkan.
     
             
          
     Menu Formulas
           

Berikut ini diuraikan beberapa fungsi : 
1. Fungsi Logika

     
     






Tidak ada komentar:

Posting Komentar