Message and Comments :)


Rabu, 23 Januari 2013

Kegunaan Microsoft Excel


             Microsoft Excel adalah program kunci yang datang dengan Microsoft Office Suite. Ini mungkin akan mengejutkan kita untuk mengetahui bahwa banyak tugas sehari-hari, baik pribadi dan bisnis, dapat disederhanakan dengan menggunakan Excel. Anggaran dapat dibuat, database dapat disimpan dan matematika sederhana programnya dapat diselesaikan hanya dengan beberapa kali menekan tombol.
             Microsoft Excel adalah satu-satunya program dalam Microsoft Office yang memungkinkan penggunaan secara otomatis menghitung angka. Kita dapat menjumlahkan, mengalikan, membagi dan mengurangi menggunakan rumus sederhana. Cukup pilih sebuah sel dan ketik tanda sama dengan "(=)". Masukkan soal matematika, katakan misalnya, "10 20" atau "15 * 15" ( "*" adalah operator untuk perkalian di Excel). jika kita memiliki satu set angka yang tercantum dalam spreadsheet Excel, pilih semua sel, dan lihat di bagian bawah dashboard kanan jendela untuk melihat jumlah.         
         Beberapa manfaat utama dari Microsoft Excel yang sering kita gunakan adalah kemampuanya untuk menghasilkan penghitungan serta analisa statistik dalam bentuk teks maupun diagram grafis secara otomatis dari rumus yang sudah kita masukkan sehingga fitur tersebuat sangat mempermudah pekerjaan kita yang berurusan dengan lembar kerja.
          Mengurutkan data, menjumlah sub total dan grand total, mengedit teks secara langsung di sel, menjumlah secara otomatis dengan autosum, membuat grafik secara cepat dan mudah denga fungsi chard wizard, mencetak dengan proporsi bebas.


*Fungsi yang sering digunakan:

1. Fungsi Sum :
=>> Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
                                                                                                                                                                   2. Fungsi Average :
=>>Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)

3. Fungsi Max :
=>>Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

4. Fungsi Min:
=>>Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

5. Fungsi Count :
=>>Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih

6. Fungsi Stedev :
=>>Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)

7. Fungsi Var :
=>>Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)

*Menggunakan Fungsi:

          Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().

*PEMANFAATAN MS-EXCEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
         Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Fungsi-fungsi dalam Microsoft excel sangat berguna bagi seseorang yang bergerak di bidang akutansi maupun matematika. Ada beberapa formula dalam Microsoft excel, terutama disini yang akan kita bahas adalah microsoft excel 2010 yang sangat membantu dalam media pembelajaran matematika. Formula yang sering digunakan dalam matematika diantaranya :
1.  Math&Trig, merupakan formula yang berisikan fungsi-fungsi matemayika dan trigonometri.
2.  Logical, merupakan formula yang berisikan fungsi-fungsi logika.
3.  Statistical, merupakan formula yang berisikan fungsi-fungsi statistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar