Message and Comments :)


Kamis, 10 Januari 2013

Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Angka


          Dalam sistem operasi Windows , perangkat lunak yang paling dikenal antara lain Ms. Word, Ms. Access, Ms. Powerpoint dan Ms. Outlook juga Ms. Excel sebagai program pengolah angka. Sistem Windows merupakan operasi berbasic grafik (grafic user interface/GUI) yang dikembangkan oleh microsoft. Dengan demikian, sistem windows selain digunakan untuk mode grafis juga mempunyai kelebihan untuk melaksanakan tugas ganda/multy tasking pada saat yang sama untuk menjalankan program aplikasi yang berbeda-beda. Dengan demikian user dapat memberikan perintah kepada software dengan program yang berbeda-beda dalam waktu yang cenderung bersamaan, sehingga program aplikasi Microsoft Excel bersifat fleksibel dan mudah diintegrasikan dengan program aplikasi lain.

          Tapi perangkat lunak pengolah angka yang paling dikenal dimasyarakat saat ini adalah Microsoft Excel. Pada umumnya program spreadsheet seperti Microsoft Excel juga dirancang untuk pengolahan data tabel, laporan keuangan, penyajian (payroll), persediaan barang (inventori), grafik dan lain sebagainya.

          Microsoft Excel juga merupakan produk unggulan dari Microsoft Corporation yang banyak berperan dalam pengolahan informasi khususnya data berbentuk angka untuk perhitungan, proyeksi, analisis dan presentasi data. Microsoft Excel yang terbaru sangat disempurnakan dengan berbagai tampilan yang lebih terintegerasi bersama software lain seperti Microsoft Word, Microsoft Access dan Microsoft Power Point. 

          Sebelum mengoperasikan program aplikasi pengolah angka atau Microsoft Excel ini, kita perlu mengenal perangkat lunak yang terdapat dalam sistem operasi Windows terlebih dahulu. Sistem operasi merupakan perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan sistem komputer. Sistem operasi juga mengandung sejumlah program.

          Seperti diketahui bahwa sistem operasi di lingkungan PC (Personal Computer) yang paling dikenal dewasa ini antara lain Windows dan Linux. Sistem operasi untuk windows sendiri antara lain Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.

          Untuk mengoperasikan Microsoft Excel versi terbaru (versi 2003 keatas atau yang terbaru) kita memerlukan:
  1. Komputer personal atau PC (Personal Computer) dengan prosesor Intel Pentium 233-MHz atau yang lebih cepat lagi.
  2. Memori RAM 128 MB atau lebih besar.
  3. Ruang sekurang-kurangnya 200 MB dalam hard disk.
  4. Monitor Super VGA dengan resolusi 800x600 atau lebih tinggi.
  5. Sistem pengoperasi Microsoft Windows XP atau yang lebih baru seperti Windows Vista.

          Dari uraian diatas kita bisa menyimpulkan bahwa Microsoft Excel merupakan aplikasi dari microsoft office berjenis spreadsheet yang mampu menjalankan berbagai sistem kalkulasi dan pembuatan grafik yang berbasis sistem operasi windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar